Oleh: kaveleri | 15 Desember 2008

Katakan Tidak Pada KKN

Jumat siang aku ditelepon WP, mau minta copy SP***. Aku segera menyiapkan berkas dimaksud. Sore harinya utusan dari WP tersebut datang untuk mengambil copyan SP***. Seorang teman di frontliner yang memberikan berkas itu karena aku ada di bagian belakang.

“Mas, ini dari PT SM*” kata temanku sambil memberikan sebuah map berwarna kuning. Aku menerima dan membuka isinya, ada lembaran uang kertas warna merah  bergambar Soearno-Hatta di dalamnya.

Langsung aku ke bagian fronliner dan memberikan itu map kuning beserta isinya ke utusan PT SM* tanpa bicara apa-apa, hanya senyum kecut. Sejurus kemudian aku langsung membalikkan badan kembali ke belakang.

Pagi ini PT SM* menelepon lagi, menanyakan beberapa hal tentang dokumen jumat kemarin itu. Aku jelaskan dengan baik kepadanya. Setelah itu pembicaraan berakhir. Ah, aku lupa menyinggung kejadian map kuning Jumat kemarin. Kenapa aku tidak menegaskannya waktu dia telepon tadi ya.

Alhamdulillah telepon berdering lagi, dia menelepon lagi. Ada yang kurang menurutnya. Setelah aku berikan jawaban, giliranku memberikan “ceramah” kepadanya.

Aku katakan bahwa Jumat kemarin utusannya datang ke kantor untuk mengambil copy berkas itu dan memberikan sebuah amplop berisi uang kepadaku. Aku berkata seperti menasehati seorang murid dan minta agar hal tersebut tidak dilakukannya lagi.

Dia memberikan penjelasan bahwa itu ongkos fotokopi. Akupun menjelaskan bahwa karena masih berhubungan dengan kegiatan dinas, maka biaya fotokopi itu bisa dibebankan ke kantor. Setelah saling mengucapkan terima kasih, pembicaraan via telepon itu pun diakhiri.

Katakan tidak pada KKN, mulai dari diri sendiri.


Tinggalkan Balasan

Kategori

