Oleh: kaveleri | 2 Desember 2008

Mengatasi Dering HP Waktu Shalat

Tentu kita merasa terganggu dengan suara dering hape sewaktu melaksanakan shalat di masjid. Apalagi nada dering hape sekarang bermacam-macam. Bayangkan jika di tengah waktu shalat ada suara dering hape berupa suara music dangdut. Jangan-jangan jamaah yang shalat ikut berjoget. Yang tidak suka berjoget akan merasa sangat terganggu tentunya. Walaupun sebelum shalat mulai sang imam sudah mengingatkan agar para jamaah menonaktifkan atau men-silent hape, tetapi ada saja sifat lupa dari manusia itu muncul.

Sebenarnya bagaimana sih sikap kita jika hape kita berdering saat shalat? Apakah kita membiarkan dia berdering sampai berhenti sendiri, atau ada solusi lainnya? Ada dua solusi yang akan saya tawarkan pada tulisan ini.

Pertama, kita ambil hape kita yang berdering tersebut (biasanya dari kantong celana atau dari sarung hape di pinggang) lalu kita silent atau kita matikan. Banyak yang takut melakukan hal ini sehingga mereka membiarkan hape mereka berdering terus dan mengganggu jamaah yang sedang shalat. Mereka takut batal shalat mereka. Padahal, mengambil hape dan mematikannya saat berdering tidak membatalkan shalat dan ini menjadi maslahat bagi shalat berjamaah. Sebaliknya membiarkan hape berdering terus akan mengganggu kekhusyuan shalat.

Kedua, khusus untuk hape symbian dapat memanfaatkan aplikasi Best Profiles untuk mengatur profile hape. Dengan aplikasi ini kita dapat membuat skedul profile di hape kita. Untuk waktu-waktu shalat kita perlu mengeset profile ke silent, sedangkan di luar waktu itu kita kembalikan ke profile general. Hasilnya, hape kita akan masuk ke profile silent secara otomatis pada waktu-waktu shalat dan kembali ke profile general detelah kita selesai shalat. Tentunya ini membutuhkan syarat selain Operating System hape adalah symbian juga kita shalat di awal waktu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: