Oleh: kaveleri | 21 Juni 2007

Gado-gado Materi Tarbiyah Diproteksi – update

Hari ini aku mendapat komentar di salah satu blogku (http://liqo.wordpress.com) sebagai berikut:

Afwan akhi, sebagian dari materi yang antum tayangkan dalam situs ini adalah rahasia, karena mengandung strategi dan lain-lain, oleh karena itu lebih baik antum konsultasikan dulu ke bidang kaderisasi terdekat atau boleh juga antum langsung tutup saja situs ini.

Saya baru saja mengirim email balasan ke beliau pemosting komentar, semoga ada kejelasan tentang komentar beliau tersebut.

Untuk sementara, blog Gado-gado Materi Tarbiyah saya proteksi dulu, afwan buat teman-teman saya.

Alhamdulillah sekarang sudah diluncurkan Gado-gado Materi Tarbiyah versi 2.


Responses

  1. yaa… sayang sekali ya.
    ana masih bingung kenapa “strategi dan lain2” harus dirahasiakan? mungkin ana memang belum terlalu faham perihal ke-amni-an.
    tapi ana harap, moga suatu saat blog ini dibuka lagi. atau di-edit dulu aja yah!!
    sebelumnya, jazakumullah karena blog ini telah membantu saya sebagai referensi materi.
    wassalamualaikum

  2. Aduhhhhh pantesan aja gak bisa dibuka :((
    Aku lagi butuh materi karekterisitik tarbiyah islamiyah nihhh, mau presentasi besok, eh lakok ndilalah blognya diprotek :((

    Pantesan aja harus register wordpress dulu, trus bagaimana aku bisa mendapatkan materinya nihhh?
    Japrian aja ato gimana nihh? Padahal ini hari terakhir aku O/L sebelum bsk presentasi…helep dong pakkk, plss…

    Wassalam,
    Widi@ybb.co.id
    http://keluargahery.multiply.com

  3. yup, mending di seleksi ulang aje pak

  4. oke.. di tunggu klarifikasi nya, mudah2an segera clear..
    aku udh donlod pake buat pribadi kok..

  5. Iya juga ya, tapi masak diproteksi semua…

  6. Bismillah,

    Ane termasuk yang sangat mendukung dan menyarankan untuk meneruskan project blog materi tarbiyah ini. Karena jujur ane mendapatkan manfaat yang sangat besar dengan adanya blog ini. Ane rasa dan pikir begitu juga ikhwah yang lain.

    Malah kalau bisa diperkaya lagi isinya, jangan di potong-potong. Kalau soal strategi, ane rasa yang ada di materi adalah kaidah-kaidah yang seharusnya diterapkan oleh setiap muslim. Tidak terbatas untuk yang tergabung dengan harakah ini.

    Sedangkan kalau untuk strategi jamaah kan konkritnya ada di syuro-syuro dan tataran lapangan. Nah, yang itu yang harus diamankan. Materi tarbiyah == ilmu islamiyah, sebarkan, luaskan, karena mereka (dan ane) juga berhak mengetahuinya (Sesuai kaidah dasar dakwah islam : asasnya adalah keterbukaan –> ada di Risalah Pergerakan buku 1 bagian dawatuna kan?).

    Ditunggu segera liqo.wordpressnya ya pak. Jazakallah.

    Wallahu alam bishshawab.

  7. assalamualaikum….itu juga yang pengen ane sampaikan ke antum…kenapa hal yang seurgen itu antum posting…itu adalah strategi dakwah dan hanya boleh diolah orang-orang yang berkompeten dalam suatu harokah….harap antum diskusikan ke kaderisasi dimana jamaah antum berada,,,karena kalau ane sampaikan disini,,itupun tidak ahsan…jazakallah buat pengertian antum “demi keberlangsungan dakwah kedepannya” hal-hal atau kata-kata seperti ini pun…patutnya tidak terucap…semangat juga harus terorganisir akhi…syukran..salam ukhuwah buat antum,,,semoga Allah mempertemukan kita dalam suatu cinta yang indah hanya karenaNya…wassalam

  8. bismillah..
    setuju dengan akh aji. ngapain si ditutup2in? kenapa ada orang yang “sudah berkompeten” dan ada yang “tidak/belum berkompetan”? bukankah yg “tidak/belum berkompeten” juga punya hak untuk belajar? ana lebih suka jikalau antum (akh ikhsan) bersedia menjelaskannya ke ana. jika tak bisa disini boleh kirim ke email ana.
    atau antum kasitau aja ke pemilik blog liqo ini, mana saja materi yg amni, biar bisa lebih cepet diedit gituh!!
    “men can talk, but just a little that can show it off”
    sukron katsiron atas perhatian antum. wassalam.

    dhimas lazuardi noer
    085624388264
    dhimasln@yahoo.com
    tetep semangka (semangat kawan!!)

  9. assalamu’alaikum,…

    afwan…pantesan ajah ane buka2 dr kemaren2…

    klo mnurut ane pribadi gapa2 kali klo nampilin materi tarbiyah dsini..ini kan bukan ssuatu yg patut dirahasiakan (lain halx dgn strategi,ato keputusan hasil syuro yg harus dirahasiakan) ini adlh ilmu gak prlu di rahasiakn…dan sgt mmpermudah ane trutama dlm blajar mnjd murobbi dr materi2 dsini..

    ane sgt mngharapkan,web-blog ini segera di aktifkan lg…
    mungkin langkah untuk skrg adlh materi2nyah di seleksi aja dulu…

  10. iya nih…pantesan…saya coba buka kok g bisa2. Pdahal sblmnya lancar2 aja…
    mdah2an bisa di akses kembali yah…krn saya banyak belajar dari materi2 yg dah di sediain di sini.

  11. rahasia…? biasanya yg rahasia itu gak legal, atau mungkin mengandung kesesatan..? kenapa orang “luar” gak boleh baca kalau memang itu baik dan berasal dari kebenaran islam…..takut belangnya di ketahui ya…?

  12. Assalaamualikum warohmatullohi wabarokatuh

    Afwan.. akhi.
    Memang di blog antum ini terlalu fullgar dalammengkaji kajian strategi da’wah salah satu organisasi pergerakan. Ada baiknya ada juga buruknya. Baiknya bagi ummat islam terutama para da’i dan da’iah bisa menjadikan sebuahreferensi mereka dalam menjalankan rotasi da’wah ini. Sisi buruknya adalah bagi orang yang tidak senang dengan islam dan pergerakan islam akan lebih banyak mengetahui gerakan-gerakan da’wah ini dan mereka cenderung untuk mengambil dan mencari dan mempelajari pergerakan kita. Dan tentunya sebagai langkah bijak untuk kajian strategis tertentu yang memang tidak perlu diekspos ke masyarkat umum jangan ditampilkan, tapi untuk meteri yang sifatnya umum mungkin bisa ditampilkan lagi.
    Ana sempat kaget ketika blog antum menampilkan kjian strategi da’wah ini dengan sangat rinci sekali,yng seharusnya mungkin hanya orang ttentu saja yang mengetahui kesemuanya itu.
    Afwan jidan sekali lagi…. karena tentunya dengan melihat realita yang ada di dunia islam yang sekarag ini sedang dihujat habis habisan, dan konsdisi pergolakan politik yang sangat memanas dengan berbagai problematika ummat sekarang ini yang berjibun menjadikan kita harus berhati-hati dalam melangkah.

    Afwan jidan…

  13. Assalamualaikum,

    Ane masih belum bisa memanfaatkan situs ini lagi akhi..
    Tolong segera disolusikan..

    Buat yang ingin segera memanfaatkan, sabar dulu, dan mohon tetap berbesar hati. Pertimbangan keamanan memang perlu di perhatikan juga.

    Usulan solusi : Yang mau memanfaatkan isi situs ini di daftar saja. Dijadikan user dari blog yang bersangkutan. Jadinya aman.

    Jazakallah.

  14. wah … trus kapan dibuka lagi …

  15. ane termasuk yang kurang setuju kalo blog ini ditutup, karna ini sangat membantu sekali untuk memperkaya referensi.
    soal amni sebenarnya ane juga setuju. tapi ane kira kebanyakan materi di blog ini sebenarnya kan sudah dijual bebas juga dipasaran. jadi ane ‘pikir’ dengan di jual bebasnya buku buku dan materi2 kita, sudah menjadi indikasi kalo sebenarnya justru siapa saja “boleh saja” membaca dan memahami materi kita ini
    afwan bukannya ane mau klaim,tapi ane pikir ditutupnya blog ini akan membuat banyak orang kecewa.
    sekali lagi saya garis bawahi “BLOG INI SANGAT BERGUNA”

  16. Assalamualaikum
    Ya, udah gak apa-apa demi kebaikan bersama. Tapi sebaiknya secepat mungkin di benahi kembali…Oke…
    Dan tetap harus preventif mana yang perlu di publikasi kan dan mana yang tidak, dan juga kepada siapa pun yang mengisi artikel , komentar, usul dan apalah namanya, baik di site ini or di luar, ya tetap jaga sesuatu yang namanya “AMNI”,
    Yuuuuuuu………….
    Wassalam

  17. Assalamu’alaikum…
    yaaaa… blom sempat ngeliat isinya udah diprotek.
    Apa sih isinya?
    Klo materi tarbiyah, perasaan sudah tersebar luas dimasyarakat.
    Situs kayak al-ikhwan.net jg ngbahas materi tarbiyah.
    Jadi ditunggu kelanjutannya…

    Wassalam

  18. drpd ngecewain, mending g usah diberitahukan aja klo ada materi tp diprotek. malah bikin penasaran. usulku, publish semua materi keislaman krn islam bukan rahasia.
    yg rahasia itu mungkin administrasi organisasi. lha, kalau itu mmmg bukan materi. jd, ya g ada perlunya dipublish utk umum. gt.

  19. pada hal LIQO untuk materinya bagus nya ambil di situs kenapa diproktesi nich.

  20. iya nih ane juga butuh materinya, tapi ane juga pingin sering sama temen-temen tentang permasalahan dakwah sekolah. coz ane punya amanah di situ. jd gimana ya untuk yang terbaik semuanya.

  21. Tidak mengapa. Da’awah jahar tapi tandzim rahsia. Strategi adalah sebahagian dari perlaksanaan tandzim.

  22. Kalo butuh materinya beli bukunya aja Boss…sekalian membantu jalannya roda ekonomi para penerbit…Masa jajan baso 20 rebu mau kalo beli buku 20 rebu ngga mau ??????

  23. Mas di buka lagi donk… sekedar pertimbangan aja ya… hari ini temen – temen di kantor lagi seneng buka situs http://www.al-shia.com karena ada tafsir bahasa indonesia nya… setelah saya cek.. ternyata itu milik aliran syiah di IRAN.. isi nya luar biasa.. dan ternyata saya cek di forum kaskus.us pun .. banyak yg merujuk kesana dan sangat antusias mendownload isi nya.. (silahkan antum2 cek sendiri isinya).. saya sebenernya mau merekomendasikan site liqo nya mas.. cuma ternyata terproteksi…

    sebenernya utk membeli buku2 bukan masalah.. cuma.. kalo di blog itu kan bisa ambil sedikit2 trus lebih enak nyarinya & praktis banget…
    Semoga bisa di pertimbangkan

  24. Makanya… Teman-teman tarbiyah sebarkan
    nilai tarbiyah yang anda dapatkan
    bukan hanya mereka yang ana antum anti akhi ukhti ikhwah de el el
    perhatikan…mereka adalah garapan dakwah anda
    apalagi serangan-serangan fitnah dari teman-teman salafi yang tidak faham…kita tahu ada pepatah “….an-naas a’daau ma jahiluu..”
    saya pribadi tidak membenci salafi dan ikhwan
    bagi saya mereka adalah ikhwati fillah…
    itu saja dari Gw..

  25. ternyata dakwahnya main “rahasia-rahasiaan”….
    gerakan bawah tanah ya? kalo dakwah kalian emang benar, kenapa harus dirahasiakan???
    apakah saat ini adlah fase dakwah sirriyah??
    Rasul aja terang-terangan dalam berdakwah!
    beginilah jika dakwah tidak mengikuti Sunnah/ manhaj Nabi dan Shahabatnya…takut kalo hakikat dakwahnya diketahui oleh orang lain…
    wahai saudaraku…tempuhlah metode dakwah yang dijalankan oleh Rasulullah dan para Shahabatnya As-Salafush-Shalih

    Semoga Allah senantiasa memberi hidayah kepada kita untuk tegak di atas manhaj yang Haq

  26. Sejauh yang ana tau sih enggak rahasia. soalnya udah banyak buku yang terbit, termasuk materi tarbiyah dalam bentuk presentasi powerpoint yang dijual bebas.

  27. Masya Allah,
    ternyata pemerhati tarbiyah begitu besarnya di indonesia ini. Barokalloh. Akhi, segala sesuatu harus berlandaskan pada niat baik kita kepada saudara kita. Saya yakin, maksud dari penjelasan di atas bukannya melarang, melainkan menganjurkan agar info-info yang ditampilkan dapat lebih disortir, sedangkan materi yang menyangkut akhlak tentu harus ditampilkan agar dapat dimanfaatkan oleh semua pihak. Akhi, Islam saat ini sedang diobrak abrik oleh musuh-musuhnya. Sebaiknya antum dan yang lain berpikir bagaimana memberi karya terbaik untuk islam. Kehati-hatian adalah sebuah cara untuk memiliki strategi yang jitu dalam memenangkan pertarungan ini. Wallahu’alam.

  28. Assalamu’alaikum.

    Jika diproteksi, lalu bagiamana dengan kumpulan materi pada “Buku Agenda Tarbiyah” dan “CD Materi Tarbiyah Interaktif keluaran Trustco”. Tentunya kalo “screet” kenapa bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko buku yang bisa dibeli walaupun bukan kader. Kaifa?

    Wassalmu’alaikum Wr. Wb.

  29. @ Akh Takzim
    Dalam gado-gado materi tarbiyah (alm. liqo.wordpress.com) terdapat berbagai macam hal tentang tarbiyah — walaupun tentunya masih sangat perlu banyak perbaikan —, tidak hanya materi tarbiyah, tetapi juga segala hal mengenai tarbiyah, termasuk strateginya.

    Kalau buku-buku dan CD materi interaktif tersebut lebih cenderung ke materi/madah tarbiyah saja. cmiiw

  30. […] Aku punya obsesi akan menghidupkan membuat kembali blog Gado-gado Materi Tarbiyah yang sebelumnya telah aku proteksi, bahkan akhirnya aku […]

  31. pkswatch.blogspot.com
    udah sempat berkunjung ke blog tsb?
    lumayan kok buat refleksi (kritis) untuk aksi (riil)

  32. Aslmlkm, salam kenal akhi..blognya bagus
    ana link ya.jzklh khair

  33. pada prinsipnya dakwah kan untuk semua ummat? jadi sifatnya terbuka. saya fikir untuk blog antum yg diprotek itu, lebih baik dibuka lagi. kan bukan jamannya rezim yg represif skrg??

  34. yang mau nampilkan itu dah dapat izin dari jamaah tarbiyah belum ?

  35. Mudah-mudahan semua tujuannya baik dan bermanfaat, bukan untuk menyembunyikan ilmu.

    salam ukhuwah.

    http://www.marketingalitishom.com

    Toko Buku Islam Online Murah

  36. Asw. menurut ana zaman sekarang masalah strategi dakwah pergerakan islam dah banyak kajiannya dalam buku2 islam yang dijual n tersebar diseluruh indonesia bahkan seluruh dunia.. mo disembunyikan ataupun tidak tetap aja musuh dakwah akan tetep tau… kecuali spesifik misalkan strategi yang terbaru dan baru dibahas n diputuskan untuk keberlangsungan dakwah yang sekarang ini.. barulah diamniahkan… tapi klo cuma strategi umum, bisa dijadikan referensi belajar yang sangat bermanfaat untuk kader dakwah… klo diamniahin smua, kapan mo belajarnya. Wallahu a’lam bishowab
    Wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: