Oleh: kaveleri | 19 Februari 2007

Jaulah

Adalah kenyataan bahwa dari seratusan kader di ranting ini hanya sekitar seperlima saja yang aktif dilihat dari kehadiran kader pada acara-acara yang kami selenggarakan.

Potensi yang sangat banyak ini ternyata kurang tersentuh menjadi amal jama’i yang nyata.

Berlatar bekalang dari hal tersebut, maka tim kaderisasi melaksanakan porgram jaulah. Jaulah dimaksud adalah silaturahim pengurus/BPH ke para korwil, korte, dan kader.

Bayangkan saja, jika struktur formal terkecil saja, yaitu DPRa, yang merupakan ujung tombak partai di masyarakat tidak solid, bahkan sebagian kadernya kurang aktif, kurang membumi, bagaimana bisa menjalankan program-program dari struktur di atasnya.

Tujuan utama dari jaulah ini adalah mengaktifkan kembali kader. Tujuan lainnya adalah silaturahim. Dengan silaturahim ke mereka, diharapkan ukhuwah di antara kader akan bertambah erat. Selain itu, BPH juga bisa mengetahui kondisi kader-kadernya. Bisa saja mereka tidak aktif karena mereka tidak merasa tersentuh, tidak pernah dihubungi, sangat sibuk dengan aktivitas di luar DPRa, atau kendala lainnya yang masihg-masing kader bisa berbeda-beda.

Dari beberapa kali tim melakukan jaulah, ada beragam kondisi yang kami temukan. Ada yang sedang nungguin orang tuanya yang sakit di rumah sakit sampai dibela-belain pulang ke rumah untuk menyambut kami. Ada juga yang karena sangat sibuk, sampai kita harus mengalah beberapa pekan hingga beliau sendiri yang menentukan waktu kita untuk jaulah. Ada yang adiknya sangat terkenal di DPRa, tetapi kakaknya tidak begitu karena ternyata aktivitasnya di luar ranting. Ada yang dilebihkan hartanya oleh Allah, tetapi, ada juga yang kontrakannya hanya seukuran 3 X 3 meter. Kontrakan seluas itu dihuni bertiga, bersama orang tuanya. Subhalallah.

Program ini insya Allah akan terus berlanjut. 

Masih banyak kader yang perlu kami silaturahimin. Sungguh, potensi yang sedemikian besar jika bisa termanfaatkan dengan baik dalam amal jama’i akan menjadi kekuatan yang luar biasa.


Responses

  1. Menurut ana memang kendala2 yg diungkapkan di artikel ini benar, karena ana sebelumnya juga menghadapi masalah yang sama :tidak merasa tersentuh, dan menurut ana klo disekitar lingkungan kita terlihat ada simpatisan atau kader maka harus segera didekati dengan silaturahim ke rmh mereka…semoga jalan dakwah ini menjadi lebih ringan..Amin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: