Oleh: kaveleri | 25 September 1993

Kenangan SMP (Bagian 1)

Sabtu, 25 September 1993
Tengah malam aku terjaga. Sayup-sayup kudengar suara wayang kulit dari radio Pak Dhe Darso. Aku menghidupkan radioku, mencari gelombang wayang kulit. Waktu itu pas adegan Goro-goro Punakawan. Aku tidak jelas mendengarnya karena aku terlelap lagi.
Setelah berlama-lama tidur, ibu bangun dan membuka pintu lalu membangunkanku. Aku bangun dan menghidupkan lampuku. Sudut terkecil jamku menunjukkan 168,5 derajat.
Kubuka buku geografi mengenai Negara Jepang. Tubuhku kututup selimut karena hawa yang begitu dingin. Aku bisa belajar walaupun disertai kantuk yang hebat.
Pukul lima pagi aku menimba air dan mengisi kulah. Lalu aku berwudhu. Setelah sholat subuh aku mandi pagi. Air kulah dingin segar, kelihatannya. Aku berganti pakaian dan untuk menunggu jam enam pagi, kubaca sejarah perjuangan Rasulullah SAW.
Seperti biasa aku berangkat sekolah dengan The Longest River in Hondo. Udara masih terlalu dingin walaupun pusat tata surya kita telah memancarkan energinya. Aku merasa kedinginan sampai-sampai bulu-bulu pada tanganku berdiri semua. Hanya telapak tangan dan telapak kakiku saja yang normal tidak kedinginan. Dadaku kembang-kempis untuk mengimbangi hawa dingin dan lubang hidungku hangat.
Jalan menurun di sebelah barat SD. Aku semakin kedinginan karena kecepatan sepedaku tiap detik bertambah. Di tikungan Kerten kudengar temanku memanggil. Kuberi salam dia dan kulanjutkan perjalananku.
Jalanan menanjak tetapi aku tidak mengubah letak rantai sepeda. Di Tolok aku belok kiri melewati jalan kampung ke Jati lalu belok kanan. Aku bertemu dengan musuhku, an evil dog. Untuk tidak terjadi apa-apa. Di depanku anak-anak SMP 3 bersepeda. Di Gerdu Joko dengan BMX-nya meluncur, menyusulku di Kelurahan Tegalgede. Lalu kami berolah bibir dan lidah sampai tiba di sekolah.
Pukul setengah tujuh kurang aku sudah sampai di sekolah. PR Sejarah yang nanti dikumpulkan baru sebagian yang kukerjakan karena sebagian lain tidak bisa kukerjakan.
Jam keenol PMP: cipta, rasa, karsa, dan perbuatan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Jam pertama Sejarah: Libanon, Israel, Nabi Musa, dan Nabi Ibrahim. Jam kedua adalah Pendidikan Agama: tawakal, ikhtiyar, qadha, dan qadar. Geografi: Negeri Beruang Putih pada jam ketiga dan keempat. Lalu Matematika, persamaan kuadrat. Sedangkan pelajaran penutup adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah.

Pulang sekolah kuambil sepedaku. Di depan ada Eagle Soes yang diapkai seorang cewek The New Longest River in Hondo. Dia berhenti dari menuntun sepedanya keluar dari tempat sepeda. Aku yang tepat di belakangnya kikuk, tetapi tidak berani menatapnya.
Di perempatan jalan di sebelah timur sekolah terjadi suatu kecelakaan antara dua anak SMA yang mengendarai sepeda motor dan kendaraan roda empat. Aku pulang bersama Joko. Di sebelah barat Lapangan DPR kami pulang bersama Warsono yang berjalan kaki. Lalu Sidik datang dan disusul pemilik The New Longest River in Hondo. Terjadi gaya tarik-menarik antarsepeda sehingga kami menjadi sebuah rombongan bersepeda yang cukup besar. Joko dan Budi di depan. Aku dan Sidik di belakang mereka, dan Bayu sudah belok kiri tetapi sebelumnya ada barter antara aku dan Sidik, yaitu majalah Gufi. Tarto, Gareng, Siswanto, dan kawan-kawan menyusul. Siswanto ternyata juga mengalami kecelakaan karena saling tabrak dengan Tarto. Untuk tidak terjadi apa-apa selain sedikit perubahan bentuk sepeda Siswanto.
Kelompok menjadi dua bagian, yang satu ke kanan, yang lain ke kiri. Di utara Terminal Bejen Budi terus ke timur dan Joko ke selatan. Aku dan Sidik menyusulnya. Sidik kemudian belok aknan di Tegalwinangun dan Joko di Gerdu. Aku menjadi sendirian.Pukul 13.40 aku sampai di rumah. Aku makan siang sambil mendengarkan radio dan setelah itu aku sholat Dzuhur. Lalu kutulis tulisan ini.


Responses

  1. bagian 2??

  2. bagian dua ada di sini:
    https://kaveleri.wordpress.com/1993/10/18/kenangan-smp-bagian-2/


Tinggalkan Balasan

Kategori

