Oleh: kaveleri | 16 April 2007

Seribu Jalan Menuju Surga

Kita tentu pernah mendengar kisah seorang pelacur yang masuk surga gara-gara memberi minum kepada seekor anjing yang kehausan. Kita juga pernah mendengar kisah seorang pembunuh yang telah membunuh 100 orang akhirnya masuk surga karena tobat. Tambahan lagi kisah seseorang yang tertarik pada agama Islam dan mengutarakannya kepada Nabi Muhammad SAW, kemudian setelah diberi wejangan Kanjeng Rasul, dia langsung terjun ke medan jihad dan menemui syahid. Spontan.

Ada juga jalan lain menuju surga. Bilal masuk surga karena kedawaman (kesinambungan)-nya dalam mengerjakan sholat sunnah setiap kali selesai wudhu.

Ada juga yang amalan hariannya biasa-biasa saja, bahkan sampai seorang sahabat yang ingin tahu rahasianya sehingga dia disebut Rasulullah SAW dengan sebutan ahli surga (padahal masih hidup) sampai menginap selama tiga hari di rumahnya agar mengetahui rahasianya hampir putus asa. Dia tidak menemukan amalan unggulan sang ahli surga itu, sehingga sang ahli surga mengatakan bahwa dia setiap sebelum tidur dia memaafkan saudara-saudaranya dan tidak mendengki kepada orang lain.

Begitu banyak jalan menuju surga. Akan tetapi, manusia tidak akan bisa menempuh semua jalan itu. Yang diperlukan cukup satu jalan saja, entah lewat jalan yang mana. Jika kita kuat berpuasa, maka di situ ada jalan menuju surga. Jika kita kuat bangun malam, di situ ada jalan menuju surga. Jika kita punya banyak harta, di situ ada jalan masuk surga. Jika kita mempunyai ilmu, di situ ada jalan menuju surga. Jika kita mempunyai orang tua, di situ ada jalan menuju surga. Dan masih banyak lagi jalan menuju surga yang lain.

Kita perlu mengenali potensi kita di mana. Jika kita memang kuat berlapar-lapar ria, mungkin jalan kita ke surga melalui puasa. Jika kita kuat begadang malam-malam, maka bangun malam bisa jadi sarana menuju surga. Begitu juga, jika kita miskin papa, maka jangan menempuh jalan menuju surga dengan sarana harta kita.

Jika diibaratkan dengan mata pelajaran sekolah, maka kita cukup mengejar satu mata pelajaran yang paling berpotensi mendapatkan nilai raport tertinggi. Di situlah kita curahkan segenap kemampuan kita agar mendapatkan nilai raport yang maksimal, nilai 10 (sepuluh).

Bagaimana dengan mata pelajaran yang lain? Cukup mendapatkan angka 6 (enam). Arti angka enam ini adalah kita melaksanakan perintah Allah yang wajib-wajib saja, atau tidak berbuat maksiyat yang menjadikan nilai raport kita menjadi merah. Memang lebih bagus lebih tinggi daripada nilai enam. Tetapi, yang perlu ditekankan di sini kita menspesialisasikan diri kita pada amalan unggulan kita sampai kita mendapatkan nilai tertinggi.

Perlu diingat bahwa seseorang masuk surga itu bukan karena amalnya, akan tetapi karena rahmat Allah SWT. Rasulullah pun masuk surga karena rahmat Allah. Wallahu a’lam.


Responses

  1. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Salam kenal N titip komen. Emang betul kata panjenengan/antum/Mas/Pak, jalan ke surga itu banyak. Karena seseorang masuk surga itu karena rahmat Allah, buka karena banyak/sedikitnya amal.
    Kendala untuk menjadi spesialis adalah ketidakmampuan kita mengendalikan diri dan cepat bosan pada satu aktifitas yang menuntut keseriusan secara terus-menerus.

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    Juwarto

    http://juwarto.wordpress.com

  2. Jalan menuju surga ujung2nya ya cuman 1 jalan deh kaya’nya… kalo ndak salah sih namanya sidhratul muntaha… :D

  3. Assalamu alaikum wr, Artikel yang bagus, salam kenal ya

  4. Assalamu’alaikum wr.wb

    artikel ini bagus karena dapat memberikan motivasi kepada umat untuk lebih yakin akan kebesaran Allah SWT. jika contoh diatas saja dapat Rahmat dari Allah,..nah kita yang ibadahnya lima waktu dijalankan tiap hari harus lebih yakin dan positif kepada Allah..karena Allah bersama orang-orang yang tauhid (yakin)yaitu ke-EsaanNya.

  5. intinya adalah kontinyuitas atau istiqomah iya ngga?

    maaf kalau salah

  6. Seberapa penting sih surga itu?

    Kalo memfokuskan diri untuk mencapai surga, jangan-jangan yang terjadi justru pen-syirik-an Allah dengan surga…

    Sedikit yang kutau sih yang terpenting justru bagaimana komitmen dan konsistensi kita dalam berislam….

    Inna shalati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi rabbil ‘alamin..

    Semua ini bukan soal pahala yang berhasil kita akumulasikan selama hidup di dunia….

    Ridha Allah, itu kata kuncinya… Soal dapet surga ato bukan surga itu sih tergantung pada Allah…

    Yaa ayyatuhannafsul muthmainnah, irji’i ila rabbiki radhiyatan mardhiyyah. Fa-d-huli fi ‘ibadi, wa-d-huli jannati…

  7. bagus

  8. pAlestina menangis, semoga para syuhada disana menemukan jalan menuju surga mereka.// salam Salut

  9. Jalan menuju ke surga hanya melalui ajaran Tuhan Yesus Kristus. Nabi Isa tidak mati, ia mengalahkan maut. Ia telah bangkit ke surga untuk menyediakan tempat bagi umatNya. Yakni kita yang percaya kepadaNya. Ia telah ada sebelum bumi diciptakan. Dia amat mengasihi semua umat manusia. KasihNya tiada yang dapat melampaui.

    • eh Yesus itu bukan Tuhan karena dia itu diciptakan bukan menciptakan. Tuhan itu yang menciptakan alam jagat raya ini termasuk kita, sedangkan Yesus diciptakan oleh Tuhan melalui rahimnya Siti Maryam (Maria). Masak sih Tuhan kok dilahirkan oleh manusia (mahluk). Bacalah injil yang asli nanti kamu akan tahu bahwa Yesus itu bukan Tuhan. Selamat berpikir sebelum ajal menjemput” telah berkata Isa Ibnu Maryam barang siapa mengada-adakan tuhan selain Allah (termasuk juga menjadikan Yesus sebagai tuhan) maka diharamkan baginya surga. Nah kalau kamu masih menganggap Yesus sebagai Tuhan maka pasti masuk neraka. Camkan ini sebelum maut menjemput, nanti anda akan sangat menyesal. Semoga anda dapat berpikir dg jernih dan mau mendengar kebenaran, amiin.

      • yesus kok tuhan…….!
        tuhan kok di lahirin ibu
        akal pikiranmu tidak berguna

    • Kalau memang yesus itu Tuhan, mengapa ketika mau meninggal mengucapkan: Eli,Eli lama sabaktani! Yang artinya Allah, Allah jangan tingalkan aku.

  10. @rccs

    ada seseorang yang menganalogikan ajaran agama ini dengan versi os windows, walaupun tidak tepat seluruhnya.

    ada orang yang pake windows 3.1, windows 97, windows me, windows 2000, windows xp.

    kita tidak bisa memaksakan orang menggunakan harus windows xp, kaena kondisi dan kemampuan orang berbeda-beda.

    kita hanya menyarankan menggunakan windows xp lebih baik daripada versi-versi sebelumnya.

  11. jalan menuju surga ? bagus tuh untuk dibahas lagi

  12. Artikel ini bagus dapat mensuport kita untuk menemukan kekuatan yang ada pada diri kita masing-masing sehingga dari salah satu kelebihan tersebutklah diharapkan dapat memperoleh ridho Allah dan bila Allah sudah ridho apapun yang kita minta pasti Allah akan memberiNya, amin

  13. Kalo boleh. tolong kirim artikel yang buanyaaaaaaaaaak buat sayaa.

  14. subhanallah bagus akh….
    ana copy ya, dibaca ma temen-temen…..

  15. subhanallah bagus akh….
    ana copy ya, buat dibaca ma temen-temen jg. ^_^

  16. bagusss….bgetzz gambarnya

    pa di surga lebih indah dari situ ya…

  17. semoga allah memberkati kita amin

  18. Ber-Islam harus totalitas. Sami`na wa `atho`na. Jika, ada perintah apapun itu harus dilaksanakan dan larangan harus dihindarkan. karena Allah sudah tetapkan, maka kita yang harus laksanakan……..

  19. insa allah,,smoga iman kita slu bertambah,tiap hari,,,kita lemah dan ga berdaya,yg penting kita yakin smuanya datang dari ALLAH SWT, dan kembali kepadanya,,tugas kita bertaqwa kepadaNYA,dgn apa yg kita punyai,amin,,smoga kitq bisa melaksanakanya

  20. benrni apa yang di buat thu

  21. assalamualikum…

    mas,,, saya mau menanyakan.. maap ya sebelum nya,
    begini .. Saya ini seorang murid siswa ,,, sekolah islam lagi..
    orang^^ beserta guru^^ saya mengatakan bahwa saya ni anak yang baik,,, tapi saya lebih merasa saya anak yang jauh dari namanya baik….
    gimana mas??
    terus… saya juga memiliki pacar..
    yaa,, pada awal nay,, saya tuh gk brani meluk dia,,,
    tp skitar 6 bln,, saya sudah memeluknya,, ampir tiap saat ketemu dia pasty memeluk dia saat di luar sekolah… nd 1 lagi… karena nafsu saya yang gila ne.. klau ditempat sepi.. pas saat saya memeluk dia ,, dia mengantuk dan tidak sadar.. terus,, mulai lah saya nafsu setan saya muncul.. sampai memegang^^ daerah kewanitaan,,, lah mas…
    saya bingung… pdahal sayaa ingin sekali tobat,,, dan gk mau melakukan itu lagi… tapi karena nafsu ne trus,,,, bahaaya,,, saya gk mau sampai menghamili dia mas,,, tlong bntu saya.. apakah saya masih dtrima tobat saya??

    Gmna ? apa yang harus saya lakukan,,, karena saya kurang percaya diri karena banyak dosa yang saya perbuat…. mas… toolong lah kirim solusi saya ke E-Mail saya…. tolong mas… saya bner^^ btuh pertolongan anda…

    • jgn pernah menyerah tuk menjadi yang lebih baik,
      cobalah berpuasa tuk mengendalukan hawa nafsumu
      kamu pasti bisa kalau kamu bersungguh2.
      samoga sukses ya……

    • Allah tuu maha pengampun bagi hambanya yg bnar2 ingin bertobat ..

  22. Surga (Jannah) merupakan Tujuan hidup semua Manusia yang terlahir kedunia dengan segala Kelemahan yang dimiliki, kelemahan dalam mengendalikan hawa nafsu yang berbalut kenikmatan sesaat, tapi itu memang takdir yang harus dilalui oleh manusia sebagai anak cucu adam, dengan segala godaan yang berbentuk kesusahan dan kesenangan, hanya Iman dan Islam yang dapat membentengi diri agar selamat sampai tujuan yang Abadi.

  23. wah pak bagus sekali kontennya. saya sangat skagum. boleh tukeran link gak mas. ini punya saya

    http://noteofmoslem.blogspot.com

  24. @ permana,

    kok blog sameyan gak ditemukan?

  25. Alhamdulillah, artikel ini dapat meningkatkan iman kita kpd Allah dan menyesal atas segala dosa yang kita perbuat, watawasaubilhaq watawa saubilsobri….thanks

  26. artikelnya bagus banget.numpang copas ya pak……………

  27. Saya tdk melihat sesuatu dalam islam yg dapat membawa manusia sampai kesorga. Apa ada hubungan mengerjakan sholat dengan masuk sorga? tidak ada bukti, Apa hubungan berpuasa dengan masuk sorga? sulit dihubungkan, demikian semua ajaran tdk ada hubungannya dengan masuk sorga. Karena sorga merupakan tempat yang suci, yang bisa masuk sorga adalah manusia yg suci. Tdk ada manusia yang suci, setiap orang pasti punya dosa, tdk ada manusia yg tdak berdosa, artinya tdk ada yg suci. Tdk ada manusia yg bisa masuk sorga dgn kemempuan sendiri. tdk dgn ketaatan beribadah, beramal, berpuasa dll. Karena apapun yg dikerjakan manusia tdk dpt menghapus dosa dari dirinya. Bagaimana manusia bisa masuk sorga? Allah sendiri yg harus bertindak bukan manusia, karena manusia dgn keadaannya tdk punya kemampuan. Allah sendiri datang kepada manusia ciptaanNya, sebagai bukti Dia mengasihi manusia. Kalau allah hanya memberi perintah kepada manusia melakukan ini, malakukan itu supaya masuk sorga, rasanya itu bukan allah mengasihi, itu cuma allah yg memberi perintah tanpa bukti mengasihi.

    • betul,,betul,,betul.
      shalat, puas, dan perbuatan amal yg lain tidak akan menjamin kita utk masuk ke dalam surganya allah yg suci kecuali dengan rahmat allah.
      TAPI utk mencapai rahmatnya allah itu butuh usaha dan perjuangan yg cukup keras. pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan rahamat dari allah?
      caranya banyak sekali tinggal bagaimana anda yg memilih, di antaranya yaitu : mengerjakan shalat, puasa, dan perbuatan yg dapat mendekatkan diri kepada sang khalik.

    • sorga itulah tempat terakhir yang di inginkan,setiap muslim dan muslimah tapi untuk mencapai itu begitu banyak syarat, anda bilang betul tak satupun amalan langsung berhubungan atau jaminan masuk sorga kecuali ada rahmat Allah SWT, tapi manusia diberi kekuatan untuk itu yang kekuatan itu adalah akal dan fikiran sekaligus itu rahmat jadi hanya orang yang mampu menggunakan akal fikiran sesuai tuntunan ketaqwaan oleh Allah dan Rasulnya jelas ada jaminan masuk sorga oke booss !

  28. Trimakasih y ustad atas ceramahnya. Semoga ustad selalu dlm lndungan Allah. Wassalamualaikum.

    • met mnjalankan ibadah puasa 1432 h/2011 m..

  29. Kerjakan perintah n jauhi larangan Allah serta Beribadahlah dengan ikhlas hanya mengharap rido dari Allah SWT semata.
    Soal sorga dan neraka Allah SWT sendiri yg menentukan…
    Jangan merasa benar karena kebenaran dan kebaikan adalah milikNya…

  30. Semoga ALLAH tetap menjaga keistiqomahan kita

  31. Alangkah Indahnya Islam . Hanya اَللّهُ yang Maha Pemurah . Alangkah Mudahnya Jalan menuju Surga Tapi kenapa Manusia Pada Jauh dr jalan itu. Manusia GªªªªªK bersombong diri dengan apa yang di milikinya. Itu hanyalah titipan dr اَللّهُ . Hanya اَللّهُ yang bisa bersombong. Tapi اَللّهُ tidak bersombong walaupun Dia memiliki smuanya. Tapi mengapa Manusia ??? Maka cobalah Hilangkan Hawa Nafsu .. Matilah dulu maka akan ketemu apa arti smuanya

  32. smga kita slalu taat printah NYA agar kt bisa menuju surga.

  33. agamamu agamamu agamku agamaku…

  34. artikel menarik, izin share, trims

  35. slam… terima kasih kerana berkongsi ilmu yang sangat berguna. semoga Allah memerkati kita semua…AMIN


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: